Himbauan PLN terkait keandalan listrik

  PLN kembali mengadakan penyuluhan terkait keandalan listrik pada Kamis, 15 November 2018 pukul 15.00 WIB melalui sebuah talk show di Radio Thomson Brebes. Pada acara tersebut PLN menjelaskan mengenai keandalan listrik yang merupakan kemampuan jaringan listrik untuk memberikan daya tak terputus kepada pelanggan pada tingkat kualitas dan keamanan. Untuk bisa meningkatkan keandalan pasokan listrik PLN menghimbau masyarakat untuk melakukan beberapa hal, diantaranya:

  1. Pembangunan rumah/ gedung yang dekat dengan jaringan listrik PLN hendaknya sesuai dengan jarak aman yang telah dituangkan dalam PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik)/ Standar PLN.
  2. Sesuai ketentuan PUIL jarak bebeas antara bangunan, pohon, atau benda lainnya dengan jaringan listrik tegangan menengah (20 KV) minimal 3 – 5 meter.
  3. Dimohon untuk tidak bermain layang-layang, mendirikan umbul-umbul ataupun menanam pohon dengan sengaja di bawah/ di dekat jaringan listrik karena dapat menyebabkan kecelakaan, seperti tersengat aliran listrik, sehingga menganggu pelayanan kepada pelanggan.
  4. Merelakan pepohonan, spanduk, baliho atau benda-benda lainnya yang berpotensi menyentuh atau menimpa jaringan listrik untuk dipangkas/ ditebang atau diamankan oleh petugas PLN.

Selain itu, di akhir sesi PLN juga menghimbau masyarakat untuk membayar tagihan listrik sebelum tanggal 20 di setiap bulannya. PLN berharap tidak ada masyarakat yang sampai terlambat membayar tagihan, karena akan ada sanksi atau resiko bagi pelanggan yang terlambat membayar tagihan listrik. Sanksi jika terlambat bayar listrik terdiri dari 3 macam, yakni denda, pemutusan sementara, dan pemutusan permanen.

Radio Thomson Brebes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *